FRESTEA, salah satu bagian dari The Coca-Cola Company, baru saja meluncurkan produk paling terbarunya FRESTEA Milk Tea Brown Sugar pada kuartal pertama 2021. FRESTEA Milk Tea Brown Sugar adalah varian rasa terbaru yang memadukan cita rasa teh berkualitas, susu yang gurih, dan brown sugar yang unik. Produk terbaru ini memberikan sensasi segar khas FRESTEA namun tetap creamy khas minuman brown sugar milk tea.

Cerita di balik pengembangan FRESTEA Milk Tea Brown Sugar

Joshua Gunawan, Marketing Manager Coca-Cola Indonesia, menjelaskan bahwa FRESTEA Milk Tea Brown Sugar telah melalui proses pengembangan yang cukup panjang. Sebelum memutuskan untuk meluncurkan FRESTEA Milk Tea Brown Sugar, FRESTEA terlebih dahulu mendalami tren rasa apa yang sedang digemari oleh pasar.

Dari hasil riset, ditemukan bahwa brown sugar milk tea merupakan salah satu minuman yang paling digemari oleh konsumen. Hanya saja, harga minuman ini masih kurang terjangkau oleh semua kalangan dan ketersediaannya pun masih terbatas di gerai-gerai milk tea tertentu saja. Oleh karena itu, melihat animo konsumen yang tinggi, FRESTEA berkomitmen untuk mengembangkan minuman brown sugar milk tea dalam kemasan agar bisa dinikmati oleh siapa saja.

Proses menemukan rasa

Selama proses pengembangan, tim riset dari FRESTEA memetakan cita rasa beberapa brown sugar milk tea di pasaran untuk menemukan mana yang paling enak. Proses tersebut sangat penting dalam menemukan cita rasa terbaik yang bisa FRESTEA hadirkan bagi para konsumen. Setelah menemukan bagaimana cita rasa yang tepat, tim riset membuat produk sampel untuk dibagikan kepada responden untuk mengetahui bagaimana reaksi konsumen.

Para responden yang mencicipi produk sampel tersebut ternyata menyukai cita rasanya, sehingga proses dilanjutkan ke tahap produksi. “Karena kita tahu responnya bagus, maka kita launching dalam bentuk produk jadinya,” kata Joshua.

Keunggulan dari FRESTEA Milk Tea Brown Sugar

Selain rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut, FRESTEA Milk Tea Brown Sugar juga memiliki keunggulan lain, yaitu harga yang terjangkau yaitu mulai dari Rp8.000,- saja. Selain itu, FRESTEA Milk Tea Brown Sugar juga dapat dengan mudah didapatkan karena sudah tersedia di minimarket, supermarket, dan toko-toko terdekat. Dengan demikian, para pecinta minuman brown sugar milk tea menikmati cita rasa favoritnya dengan lebih mudah.

FRESTEA menggunakan teh, susu & bahan alami yang berkualitas. FRESTEA menggunakan teh, susu, dan bahan alami yang berkualitas, bukan cuma flavor/perasa saja. Jadi, FRESTEA dari dulu memang selalu mengedepankan kualitas,” kata Joshua. Hal inilah yang membuat kesegaran FRESTEA Milk Tea Brown Sugar tetap terjaga.

Joshua berharap kelezatan dan keunikan dari FRESTEA Milk Tea Brown Sugar mampu membuat produk ini bisa diterima dengan baik oleh konsumen. “Semoga bisa menjadi favorit konsumen,” lanjut Joshua. 

Tantangan peluncuran produk di kala pandemi

Peluncuran produk baru di kala pandemi menjadi sebuah tantangan tersendiri. Aktivasi offline yang cukup efektif untuk menarik minat konsumen tak lagi bisa dilakukan seperti dulu, sehingga FRESTEA harus memanfaatkan cara lain. Joshua menerangkan bahwa FRESTEA memiliki empat pendekatan peluncuran produk yang sudah mulai dijalankan mulai tanggal 1 Maret 2021.

Pendekatan pertama, FRESTEA bekerja sama dengan minimarket atau supermarket dengan memasang in-store communication seperti banner, display, poster, dan lain sebagainya. Menurut Joshua, semua orang pasti akan datang ke minimarket atau supermarket untuk membeli beragam kebutuhannya. Dengan hadirnya in-store communication yang menarik, diharapkan konsumen jadi mengetahui bahwa FRESTEA baru saja meluncurkan produk terbaru dan tertarik untuk mencobanya.

Minimarket dan supermarket ini juga akan menjalankan promo-promo khusus seperti beli dua gratis satu, harga perkenalan, diskon khusus, dan lain sebagainya. Dengan demikian, konsumen akan jadi semakin tertarik untuk mencicipi FRESTEA Milk Tea Brown Sugar.

Pendekatan kedua, yaitu dengan pemasaran secara digital, terutama melalui media sosial. FRESTEA yang menyasar kalangan anak muda yang aktif dan eksploratif memanfaatkan media sosial sebagai kanal untuk menjangkau konsumen. Salah satunya adalah dengan mengadakan beragam aktivasi digital yang menggandeng beberapa influencer terkenal.

Pendekatan ketiga yaitu dengan membagikan sampel gratis kepada konsumen. Namun, pembagian sampel ini dilakukan dengan cara yang lebih unik. “Kita tahu kalau misalnya sampling seperti di toko-toko itu cukup sulit ya, karena kita juga mau menjaga protokol kesehatan,” kata Joshua. Maka dari itu, pembagian sampel ini dilakukan secara online.

FRESTEA akan menampilkan iklan yang bisa konsumen klik jika tertarik untuk mencicipi FRESTEA Milk Tea Brown Sugar secara gratis. Setelah mengisi data-data yang diperlukan, konsumen akan menerima kode unik yang bisa langsung ditukarkan ke minimarket. Sampel yang dibagikan gratis ini sifatnya terbatas, sehingga orang yang tercepat lah yang akan mendapatkannya. “Sampling digital ini akan dijalankan pada akhir bulan Maret 2021,” kata Joshua.

Pendekatan keempat, FRESTEA akan bekerja sama dengan beberapa e-commerce untuk menjual FRESTEA Milk Tea Brown Sugar secara resmi. Bagaimana kolaborasi antar FRESTEA dengan e-commerce ini? Tunggu cerita selanjutnya!

Respon konsumen terhadap FRESTEA Milk Tea Brown Sugar

FRESTEA Milk Tea Brown Sugar sudah mulai tersedia sejak bulan Februari 2021, sehingga sudah cukup banyak konsumen yang mencicipi kelezatannya. Untuk mengetahui respon konsumen terhadap produk ini, FRESTEA melakukan social media listening. Hasilnya, banyak konsumen yang menyukai FRESTEA Milk Tea Brown Sugar ini.

Dengan hadirnya varian Brown Sugar Milk Tea, lini produk FRESTEA kini semakin kaya akan pilihan. Para konsumen kini bisa lebih mudah dalam menikmati kelezatan minuman brown sugar milk tea karena bisa didapatkan di mana saja dengan harga yang lebih terjangkau.

Tak hanya itu, kemasan FRESTEA Milk Tea Brown Sugar juga sudah menggunakan kemasan botol plastik transparan yang lebih mudah didaur ulang, sesuai dengan program World Without Waste yang sedang dijalankan oleh The Coca-Cola Company untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang tidak terdaur ulang.