Pandemi COVID-19 di satu sisi telah membawa efek yang signifikan terhadap kehidupan sosial-ekonomi-kesehatan masyarakat. Pandemi telah membuat sebagian kelompok masyarakat berada dalam kerentanan yang lebih, baik secara ekonomi maupun kesehatan. Kerentanan dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi masyarakat yang mengarah atau menyebabkan ketidakmampuan menghadapi ancaman bahaya, dalam hal ini paparan COVID-19.

Beberapa pihak yang rentan di masa pandemi ini adalah adalah tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik sebagai garda terdepan dalam pelayanan masyarakat. Tenaga kesehatan menjadi rentan karena tingginya paparan COVID-19 karena mereka menjadi pihak yang menghadapi langsung pasien yang terinfeksi virus. Petugas pelayanan, contohnya yang bekerja untuk transportasi publik, menjadi rentan karena harus bertemu dengan banyak orang pengguna layanan transportasi yang masih harus keluar rumah untuk bekerja. Interaksi dengan banyak orang akan memperbesar kesempatan mereka untuk terpapar virus.

Di sisi yang lain, pandemi COVID-19 telah membuat berbagai lapisan masyarakat saling tolong menolong dalam mengatasi wabah, termasuk dunia usaha. Coca-Cola sebagai bagian dari masyarakat Indonesia juga turut berkontribusi dengan membagikan produknya kepada garda terdepan serta masyarakat terdampak.

Refresh Program adalah program di mana Coca-Cola membagikan berbagai produk minuman kepada para petugas pelayanan transportasi publik, tenaga kesehatan di rumah sakit, serta masyarakat terdampak. Adapun produk minuman yang tercakup ke dalam Refresh Program ini adalah Ades, Nutriboost, Frestea, dan Minute Maid Pulpy.

Refresh Program ini dijalankan oleh Coca-Cola secara kolaborasi berbagai dengan pihak lain seperti Grab, Go-Jek, Pemerintah Provinsi DKI melalui PMI DKI Jaya dalam program KSBB (Kolaborasi Sosial Berskala Besar). Di samping itu, Coca-Cola juga melaksanakan program ini bersama Packaging and Recycling Association for Indonesia Sustainable Environment (PRAISE) dan Kemenkomarves di tanggal 29 April 2020.

Refresh Program yang dilaksanakan oleh Coca-Cola sesungguhnya adalah bentuk solidaritas dari dunia usaha yang juga merupakan bagian dari elemen bangsa. Di tengah pandemi COVID-19 yang melanda, program ini seakan menjadi ‘penyegaran’ (refreshment) bagi rasa kemanusiaan sekaligus menyadarkan kita bahwa masyarakat, sebagai pihak yang paling terdampak, tidak pernah benar-benar sendiri dalam menghadapi krisis akibat pandemi ini.